Terkait dengan cara membeli asuransi kesehatan dengan benar adalah hal yang harus diperhatikan. Mengingat tidak sedikit berita viral mengenai klaim asuransi kesehatan yang tidak bayar. Tahun 2021 seorang artis yang cukup terkenal juga merepost terkait klaim yang tidak dibayar oleh perusahaan asuransi. Yang menjadi substansinya adalah kenapa perusahaan asuransi tidak membayar klaim?

Yuk nanti kita akan bahas dalam artikel yang bisa Anda nikmati kurang dari 5 menit.

1. Memetakan Kebutuhan Anda Dan Keluarga

Mengapa asuransi kesehatan penting bagi seorang invidu ataupun keluarga? Karena asuransi kesehatan dapat mencegah terjadinya kebocoran keuangan yang menyebabkan bencana keuangan terjadi pada Anda dan keluarga. Bahkan tidak sedikit yang rela berhutang demi melunasi biaya rumah sakit. Pernah menemukan demikian?

Untuk mencegah “bencana keuangan” tersebut maka Anda dan keluarga membutuhkan asuransi kesehatan bukan? Bagaiaman dengan premi dan manfaatnya?

Besaran premi akan sejalan dengan besarnya manfaat yang akan Anda dapatkan. Dan juga besaran premi juga akan mendapatkannya. Maka Anda dan keluarga harus memikirkan biaya yang Anda keluarkan setiap tahunnya untuk biaya kesehatan Anda. Yang perlu dipastikan adalah biaya mencegah bencana keuangan lebih murah dibanding biaya ketika terjadi. Benar bukan?

Jika mobilitas Anda tinggi, maka disarankan untuk mencari plan kesehatan dengan manfaat jaringan rumah sakit yang luas bahkan sampai ke luar negeri. Untuk manfaat kelas kamar, Anda dan keluarga bisa mencari kelas yang nyaman buat Anda. Ada yang kelas “double standar room” dan ada juga yang “singel standart room”

2. Melakukan Review Terhadap Plan Dan Manfaat

Beragam produk asuransi kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah untuk Anda pelajarin. Ada asuransi kesehatan unit link dan asuransi kesehatan tradisional. Masing-masing memiliki fiturnya yang berbeda. Fitur berbeda ini bukan untuk diperdebatkan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan dan kemampuan masyrakat yang beragam.

Bagi Anda yang memiliki asuransi kesehatan kantor, proteksi Anda berlaku hanya ketika Anda berstatus karyawan di tempat Anda bekerja. Mengingat situasi ke depan banyak ketidakpastian, maka Anda perlu pastikan juga Anda memiliki asuransi kesehatan diluar kantor. Minimal ketika coveran dari kantor Anda tidak cukup, Anda memiliki coveran tambahan biaya dari asuransi kesehatan yang Anda miliki.

A. Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Swasta

Beberapa jenis asuransi kesehatan swasta yang berkembang dengan beberapa contoh singkatnya bisa Anda pelajarin adalah sebagai berikut.

  • Asuransi Kesehatan Unit Link

Asuransi kesehatan unit link adalah proteksi tambahan atau dikenal dengan rider yang ditambahkan pada asuransi jiwa unit link sehingga tertanggung menerima manfaat lebih, yaitu manfaat proteksi jiwa dan manfaat proteksi kesehatan. Manfaat pastinya adalah proteksi.

Di Manulife Indonesia, ada beberapa program asuransi kesehatan yang melekat pada beberapa program asuransi jiwa unit link. Contohnya adalah Mi Smart Solution Insurance (Mission) konvensional dan syariah (Mission Syariah) dengan Mi Smart Health Care dan Manulife Prime Assurance (untuk perlindungan yang lebih cepat aktif dan) dengan Prime Health Care nya.

Dengan manfaat asuransi jiwa dan manfaat asuransi kesehatan dalam pembayaran satu polis maka perlindungan Anda akan komplit. Anda juga bisa menambahkan manfaat proteksi penyakit kritis tahap awal dan tahap akhir pada plan ini dengan besarana yang sesuai kebutuhan Anda. Yups, jika Anda ingin mengetahui jenis besaran manfaatnya dan preminya, Anda bisa mengobrol dengan saya.

Baca juga : Asuransi Jiwa dan Kesehatan

  • Asuransi Kesehatan Tradisional / Asuransi Kesehatan Murni

Nah, ini yang banyak bertanya ke saya jenisnya , bahkan ada yang mengatakan bahwa asuransi kesehatan tradisional atau asuransi kesehatan murni , bisa saja diputuskan sepihak oleh perusahaan asuransi.

Apakah benar begitu?

Berikut saya paparkan dahulu alasan mengapa membeli asuransi kesehatan murni. Jika di Manulife Indonesia, programnya disebut Mi Ultimate Health Care. Untuk Plan dan preminya, Anda bisa ngobrol dengan saya.

Pertama sebelumnya kita harus mengetahui, apakah manfaat asuransi kesehatan murni sendiri? Tentunya manfaat asuransi kesehatan murni adalah bagi Anda yang sudah memiliki proteksi asuransi jiwa.

Jika belum memiliki proteksi asuransi jiwa, saya sarankan kepada asuransi kesehatan berbasis unit link karena dalam 1 polis , Anda keluarga bisa menerima lebih dari 1 manfaat.

Kedua, mengapa membeli asuransi kesehatan tradisional? Karena di dalamnya memiliki manfaat asuransi rawat jalan yang tak berhubungan dengan rawat inap. Bahkan ada manfaat asuransi kesehatan gigi dan manfaat melahirkan. Jadi tidak perlu rawat inap untuk mendapatkan manfaat rawat jalan. Enak bukan?

Kembali Apakah asuransi kesehatan murni adalah jenis asuransi kesehatan yang bisa : diputuskan sepihak oleh perusahaan asuransi? Hal ini perlu diluruskan karena salah kaprah. Karena polis adalah perjanjian (aleitory) sifatnya mengikat dua pihak yaitu penanggung (perusahaan asuransi) dan tertanggung . Kecuali tertanggung tidak jujur, maka semua perusahaan asuransi berhak membatalkan karena melanggar prinsip kejujuran (Ut Mos Good Faith).

Baca Juga : Asuransi Kesehatan Murni Manulife

3. Mengetahui Masa Tunggu

Setiap program kesehatan memiliki masa tunggu untuk beberapa penyakit . Hal ini menjadi salah satu yang penting mengingat ketika terjadi klaim, diagnosa dokter bisa berubah. Ini yang saya alamin ketika membantu beberapa nasabah saya menggunakan fasilitasi non tunai atau asuransi kesehatan kartu. Maka pahami masa tunggu untuk penyakit tertentu. Kita lanjutkan tips cara membeli asuransi kesehatan dengan benar dan aman.

4. Jujur

Ini yang kadang terlupa oleh nasabah ataupun agen. Melaporkan apa adanya kondisi kesehatan dan keuangan terkini dari pertanyaan yang ditanyakan agen. Sering agen juga lupa bertanya. Salah satu kunci klaim kesehatan berhasil adalah keterbukaan melaporkan sebelum masuk polis. Isitlahnya adalah pre -existing condition atau kondisi yang sudah ada sebelum masuk polis.

Apakah kondisi sakit tertentu tidak boleh masuk asuransi kesehatan di Manulife ? Tentunya boleh dengan pertimbangan dari pihak asuransi. Jika calon nasabah melaporkan sudah kondisi tertentu pada saat ingin masuk asuransi, apakah tindakan dari perusahaan asuransi?

  • Pertama ,Permintaan Medical Check Up Atau Hasil Laboratorium Terakhir

Biasanya permintaan medical check up ini gratis dari perusahaan asurans jiwa jika Anda melaporkan dengan jujur kondisi kesehatan Anda. Anda tidak rugi dalam hal ini. Bahkan hasil medical check up nya boleh diminta.

  • Kedua, Jawaban Dari Perusahaan

Beragam jawaban dari perusahaan asuransi mulai dari ditolak sampai diterima. Jawaban ini tergantung dari underwriter perusahaan asuransi masing-masing.

Andai pun ditolak karena pertimbangan kondisi kesehatan calon pemegang polis maka premi pertama yang dibayarkan akan dikembalikan secara utuh. Calon nasabah benar-benar diuntungkan bukan?

5. Pastikan Data Valid

Pada polis asuransi kesehatan, pastikan agen Anda mengisi data dengan benar sehingga Anda bisa benar-benar tenang dan nyaman memiliki asuransi kesehatan. Cukup panjang dan jujur apa adanya, cara membeli asuransi kesehatan dengan benar dan aman. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.