5/5 - (1 vote)
cara memilih asuransi jiwa yang tepat

Setiap orang harus tahu cara memilih asuransi jiwa yang tepat dan aman di zaman sekarang. Mengingat perkembangan dan jumlah perusahaan asuransi yang meningkat setiap tahun. Belum lagi setiap perusahaan asuransi memiliki beragam jenis produk dan fitur.

Sebelum mengetahu cara memilih asuransi jiwa yang tepat dan aman, saya akan jelaskan jenis asuransi jiwa yang tersedia di market.

A. Jenis Asuransi Jiwa

Produk asuransi jiwa unit link adalah produk yang paling digemari oleh masyrakat karena memiliki banyak fitur didalamnya. Mulai dari fitur proteksi dan investasi. Fitur proteksi sendiri ada terbai 2, yaitu fitur utama dan fitur tambahan / rider. Fitur tambahan ini bisa dibuat untuk proteksi penyakit kritis, kesehatan, pemberhentian premi dan lain-lain.

Asuransi Jiwa Unit Link di Manulife Indonesia beragam jenisnya. Yang perlu dipahami adalah asuransi jiwa unit link bukanlah program investasi penuh tetapi proteksi. Maka berikut beberapa pertanyaan yang mesti Anda tanyakan kepada agen asuransi.

Sebagian besar produk unit link biasanya adalah whole life, tetapi saya tidak bisa menyimpulkan demikian karena terbukti di beberapa perusahaan asuransi , produk asuransi jiwa unti link sifatnya term . Maka demikian pertanyaan yang Anda wajib tanyakan pada agen asuransi saat Anda memilih untuk produk asuransi jiwa unit link

  • Berapa Uang Pertanggungan yang di dapatkan oleh ahli waris jika terjadi resiko kepada tertanggung
  • Berapa lama masa bayar?
  • Biaya akuisisi , biaya pembuatan buku polis berapa?
  • Kalau klaim , bagaimana cara memberi tahu perusahaan asuransi?
  • Kalau cuti premi bisa atau tidak?
  • Apakah top up wajib atau tidak?
  • Apakah ada manfaat dasar lain yang menempel pada produk asuransi?
  • Ditahun ke berapa bebas pinalty jika pengambilan dana sebagian?

Hal ini jangan lupa Anda tanyakan ketika membeli asuransi jiwa unit link

2. Asuransi Jiwa Tradisional

Beberapa tahun belakangan ini kasus asuransi jiwa unit link semakin banyak sehingga membuat masyarakat memilih asuransi jiwa tradisional. Asuransi jiwa tradisional atau asuransi jiwa murni ini sendiri terbagi ke dalam beberapa bagian.

A. Asuransi Jiwa Tradisional Jenis Term Life

Asuransi jiwa tradisional jenis term life adalah proteksi memiliki tenggat waktu terbatas. Tergantung dari produk asuransi masing-masing. Serta nasabah bisa memperpanjang setelah masa proteksi berlangsung.

B. Asuransi Jiwa Tradisional Endowment

Asuransi jiwa tradisional jenis endowment ata dwi guna adalah proteksi gabungan dengan tabungan. Ingat ya tabungan. Bukan investasi. Di Manulife Indonesia, ada beberapa jenis endowment. Dan yang favorit dengan premi terjangkau adalah asuransi Mi Action.

Refrensi Buat Anda : Produk Asuransi Jiwa Manulife

B. TIPS MEMILIH ASURANSI JIWA YANG TEPAT

Setiap pencari nafkah baik ayah maupun ibu maupun keduanya wajib memiliki asuransi jiwa . Pertimbangannya adalah berapa jumlah asuransi jiwa yang baik ? Tentunya minimalnya adalah 5 kali jumlah pendapatan tahunan gabungan suami istri. Maka carilah nilai uang pertanggungan dengan jumlah minimal 5 kali pendapatan setahun gabungan. Kenapa 5 kali ? Nanti kita akan bahas di artikel saya yang lain.

1. Cari Yang Nilai Uang Pertanggungan Dengan Premi Yang Fit

Dengan jumlah uang pertanggungan yang diiginkan maka Anda bisa mencari produk asuransi jiwa yang sesuai dengan premi yang bisa Anda bayar. Dan jangan lupa masa bayar yang Anda inginkan. Mungkin ada jumlah premi yang terjangkau dengan uang pertanggungan besar tetapi masa bayarnya lebih lama dibanding dengan premi yang lebih besar dengan masa bayar lebih singkat.

Saya tidak menekankan pada produk tetapi kepada tujuan dan kemampuan keluarga. Jika tidak ada premi dengan uang pertanggungan yang sesuai dan masa bayar yang Anda inginkan, maka Anda bisa memilih yang sesuai dengan premi yang Anda sanggup.

Ngomong-ngomong soal besaran premi maka tentu usia lebih muda akan lebih murah preminya dan tentunya bagi mereka yang sehat dengan tidak memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya, biasanya premi asuransi jiwa nya lebih murah. Maka selagi sehat dan masih produktif , Anda harus memiliki asuransi jiwa.

2. Perusahaan Yang Memiliki Reputasi Baik Dan RBC Yang Tinggi

RBC adalah singkatan dari Ratio Basic Claim yang mana pengertiannya adalah kemampuan perusahaan asuransi untuk melakukan klaim pada saat ini juga. OJK mewajibkan perusahaan asuransi memiliki RBC 120 %. Maka tentu Anda harus mencari perusahaan asuransi yang RBC nya 120 %. Bagaimana dengan Manulife Indonesia? Tentunga diatas itu dong.

Reputasi adalah tanda sesuatu bisa dipercaya atau tidak. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki reputasi yang baik seperti Manulife Indonesia contohnya.

3. Beri Tahu Orang Yang Bisa Anda Percaya

Saya selalu mengingatkan para nasabah saya di Manulife Indonesia untuk memilih satu atau lebih orang yang bisa di percaya mana kala terjadi resiko terhadap tertanggung maka orang tersebut bisa menelpon perusahaan asuransi atau agen asuransi untuk melaporkan terlebih dahulu. Karena hanya asuransi dwiguna dan unit link yang masih bisa nilainya di nikmati tertanggung jika masih sehat.

Semoga related dengan yang Anda butuhkan. Terima kasih

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.