5/5 - (1 vote)

Pada umumnya,tujuan mempunyai dana pensiun yang cukup adalah agar kalian bisa mandiri dalam mengatur keuangan di masa tua. Bayangin aja,jika di masa kalian pensiun nanti,kalian sudah tidak memiliki sumber pendapatan yang biasa kalian terima setiap bulan. Disisi lain,anak-anak kita juga sudah berkeluarga dan pastinya mereka akan lebih fokus kepada biaya keluarga mereka masing-masing.

Bagaimana Caranya mempersiapkan dana pensiun dengan Tepat?         

1. Memikirkan Hal Yang Harus Kamu Miliki Saat Pensiun Nanti

Pensiun memanglah mempunyai makna tidak berkerja lagi,sebab masa perkerjaannya telah berakhir.Namun,saat kita pensiun bukan berarti kita hanya berdiam diri saja.Idealnya jika kalian pensiun nanti,kalian harus sudah memiliki tiga macam aset,ialah paper asset seperti taungan dan deposito sebagai sumber keuangan kamu nanti ketika sudah pensiun, asset property ialah tempat tinggal yang dapat kamu pakai dikala kamu pensiun, serta aset bisnis sebagai aktivitas nanti sepanjang masa pensiun.

2. Hitung Dana Pensiun

Pada dasarnya,dana pensiun yang harus kamu siapkan untuk menutup jumlah pengeluaran kamu selama masa pensiun.

3. Memastikan Style Hidup Dikala Pensiun Nanti

Kondisi terbaik pada saat kalian pensiun nanti adalah ketika sudah tidak memiliki tanggungan finansial  keluarga karena anak kalian sudah selesai sekolah. Dengan tidak adanya tanggungan kalian bisa menyesuaikan gaya hidup sesuai dengan keuangan saat pensiun.Namun kenyataannya,sangat susah untuk mengubah standar hidup.Malah justru kalian ada keinginan untuk menikmati hidup saat pensiun.Seperti,merenovasi rumah,berlibur setiap tahun, dan masih banyak impian lainnya.

Memiliki perkerjaan dan bisnis sesuai passion juga bisa menghilangkan rasa bosan kalian ketika sudah pensiun.Memastikan style hidup dikala pensiun nanti merupakan langkah dini dalam perencanaan dana pensiun.Semua orang pasti menginginkan yang terbaik,namun kalian perlu menyesuaikan lagi dengan kemampuan dan kondisi saat kalian pensiun nanti.

4. Investasi Untuk Dana Pensiun.

Dalam mempersiapkan dana pensiun,tantangan terbesarnya ialah menemukan instrumen yang mampu dalam bersaing dengan inflasi namun tetap harus mempertimbangkan manajemen resikonya.Kalian bisa memilih instrumen jangka panjang,seperti reksadana atau saham.Sistem investasi bisa juga dilakukan secara bertahap dengan cara menyicil setiap bulannya.

Jika sudah memiliki dana yang cukup besar kalian juga bisa melakukannya di awal.Tentunya,pilihan instrumen harus di sesuaikan dengan keuangan kalian.

5. Menyiapkan Proteksi Yang Terjangkau Sejak Muda

Menyiapkan proteksi yang terjangkau merupakan hal yang terlupakan karena fokus pada pengembangan dana investasi pensiun. Padahal, dana yang Anda persiapkan untuk pensiun perlu dijaga melalui proteksi dari resiko kehidupan berupa sakit. Siapakah yang akan membayar biaya pengobatan Anda jika Anda sakit di rumah sakit ? Apakah dana pensiun Anda harus tergerus karena hal ini?

Jika Anda beruntung di cover oleh asuransi kantor maka sebaiknya juga ikut membeli dari awal selagi sehat dan terjangkau karena masih muda. Jika membeli setahun sebelum pensiun, mungkin preminya akan besar dan juga kondisi Anda tidak memenuhi kategori sehat menurut perusahaan asuransi.

Di Masa Tua Pastikan Ada yang Membayar Biaya Pengobatan Anda Jika Anda Sakit. Dan bukan dari dana pensiun Anda

Andreas sinaga

Semoga Artikel Ini Membantu. Jika Anda ingin berkonsultasi, silahkan chat disamping. Terima kasih

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.