Best Program post

Memasuki usia yg cukup tua,pada umumnya pasti seseorang akan berpikir soal pensiun.Pertanyaannya,apakah uang pensiun kalian akan cukup untuk di masa depan nanti?

Karena,realitanya kebanyakan orang masih berkerja,banting tulang untuk mencukupi kebutuhan keluarga.Apakah kalian mau mengikuti jejak tersebut?tentunya tidak,karena yang diinginkan setiap orang ialah hidup nyaman dan tenang dengan keuangan yang terjamin.

Semakin banyaknya dana pensiun yang disiapkan,tentu semakin baik.Namun kondisi keuangan setiap orang berbeda-beda.Porsi ideal dana pensiun yang harus disiapkan ialah jumlah biaya hidup sebulan sekali dengan estimasi umur hidup.Besar kecilnya dana pensiun tergantung dengan kehidupan masing-masing.

Tips Kumpulkan Dana Pensiun Di Usia Muda

1.Mengontrol keuangan

Masih suka belanja konsumtif?Sebaiknya di kurangi dari sekarang meskipun usiamu masih muda.Belanja konsumtif membuat biaya kehidupan kamu meningkat drastis,padahal kalian masih harus menyiapkan dana pensiun.Boleh belanja tapi,harus direncanakan agar pengeluaran tetap terkontrol.Jadi kalian bisa fokus untuk mencari barang yang dibutuhkan,bukan diinginkan.kalau terkontrol,kalian akan bisa menghindari pembengkakan biaya pengeluaran.Kalian bisa alihkan uang yang tadinya untuk belanja ke celengan dana pensiun,jadi target dana bisa tercapai.

2.Mencari Penghasilan Tambahan

Mengandalkan satu sumber tentu saja tidak cukup untuk memikirkan hari tua nanti.Kalian juga harus memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan perkerjaan sampingan.Penghasilan tambahan ini bisa kalian alokasikan sebagian atau seluruhnya untuk memenuhi rekening pensiun.

3.Fokus Kepada Investasi Jangka Panjang

Di imurmu sekarang,sudahkah kamu berinvestasi?bagus kalau sudah,itu berarti kamu sudah aware terhadap kondisi finansialmu.Namun,harus diperhatikan juga jenis investasinya.Investasi dibagi menjadi tiga jenis berdarsakan waktunya,yaitu investasi jangka pendek,menengah,dan panjang.Jika tujuannya untuk masa pensiun,pastikanlah kalian sudah mempunyai investasi jangka panjang,seperti properti,emas,dan saham.Mumpung masih muda,cobalah fokus terhadap investasi jangka panjang.

Sedikit demi sedikit saja,sehingga lama-kelamaan menjadi bukit karena keuntungan yang kalian dapatkan jauh lebih besar.

4.Tidak Menutup Diri Atas Peluang Yang Kamu Dapatkan

Tips terakhir ialah coba buka dirimu kepada setiap peluang yang ada.Jangan karna penghasilan kalian lebih dari cukup maka kalian berhenti mengeksplor peluang yang sejatinya dapat memberimu penghasilan tambahan.

Selagi masih muda,energik,dan masih punya waktu yang cukup,kalian bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan uang tambahan.Lumayan untuk menambah rekening dana pensiun,jadi jumlahnya akan lebih banyak dari apa yang kamu pikirkan.

Semoga artikel ini bisa membantu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.