Best Program post

Pengertian Penyakit Batuk Pada Anak

Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh yang melindungi tubuh anak dengan cara membuang lendir, zat-zat penyebab iritasi (iritan) dan infeksi dari saluran pernapasan. Penyebab batuk akut pada anak umumnya karena infeksi virus pada saluran pernapasan atas, contohnya common cold atau batuk pilek biasa.

Ciri Ciri Penyakit Batuk Pada Anak

  • Kesulitan bernapas.
  • Tidak dapat berkomunikasi dengan baik.
  • Warna bibir dan ujung kuku berubah menjadi pucat atau kebiruan.
  • Batuk disertai dengan muntah.
  • Mengeluarkan dahak atau air liur yang cukup banyak.
  • Anak terlihat kesakitan pada bagian dada atau bagian tubuh yang lain.
  • Mengalami batuk darah.
  • Demam hingga lebih dari 38 derajat Celsius.
  • Memiliki usia di bawah 4 bulan.

Cara Pencegahan Penyakit Batuk Pada Anak

Minum obat batuk khusus anak

Penanganan batuk pada anak tergantung dari penyebab dasarnya. Pemberian obat batuk harus memperhatikan jenis obatnya, seberapa banyak dosisnya, berapa kali sehari harus diberikan, dan sampai kapan harus minum obat batuknya.

Pemberian obat batuk sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Umumnya batuk sering disebabkan oleh virus, yang mana biasanya akan sembuh sendiri tanpa harus ditangani pakai obat (self limiting disease).

Anak harus istirahat cukup

Ketika batuk pada anak terjadi, anak perlu istirahat yang cukup. Lama istirahatnya tergantung dari parahnya batuk dan seberapa berat gejala lainnya, seperti demam atau pilek. Saat terserang batuk, biasanya anak membutuhkan 2-3 hari untuk istirahat.

Pastikan anak istirahat di rumah dengan tidur cukup dan tidak menjalani aktivitas yang bisa memperlambat penyembuhan batuk. Maka dari itu, kurangi dulu bermain di luar rumah.

Istirahat dan tidur yang cukup adalah salah satu kunci penyembuhan batuk. Namun, pada anak-anak memang tak mudah, terlebih jika si kecil tergolong aktif.

Jauhkan anak dari pemicu alergi

Jika anak mengalami gejala batuk alergi, hindari alergen (pemicu alergi) pada anak. Perhatikan juga kebersihan kasur dan lingkungan rumah. Umumnya debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan mudah menempel di sofa atau kasur yang bisa sebabkan anak batuk karena alerginya kumat.

Berikan anak cairan yang cukup

Untuk merawat anak yang sedang batuk, orangtua juga dapat memastikan anak minum air yang cukup guna mencegah dehidrasi. Orangtua juga dapat memberikan ASI yang cukup apabila si kecil masih mengonsumsi ASI. Jangan sampai anak dehidrasi karena kondisi ini dapat membuat batuk pada anak makin parah kondisinya.

Hindari makanan atau minuman penyebab batuk

Saat anak mengalami batuk, hindari mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Misalnya minuman manis, minuman dingin, dan makanan yang digoreng. Disarankan untuk memberikan makanan berkuah hangat yang bisa menghindari batuk karena gatal di tenggorokan.

Estimasi Biaya Pengobatan Penyakit Batuk Pada Anak

Estimasi biaya untuk pengobatan batuk pilek relatif murah, sebab batuk pilek bukanlah penyakit kronis yang mengancam nyawa.

Cara Mencegah Kebocoran Keuangan

MENCEGAH LEBIH MURAH DIBANDING MENGOBATI

Kata bijak

Seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan hal yang berharga di dalam kehidupan keluarga Anda. Dan momen sakit , sebagai orang tua yang baik, Anda menginginkan perawatan yang baik dan cepat di rumah sakit.

Kita tidak bisa memastikan kondisi keuangan keluarga selalu ready untuk membiayai pengobatan si kecil. Maka dari itu, baiknya milikilah asuransi kesehatan untuk Anda . Apakah ada asuransi kesehatan yang terjangkau dan murni?

Ada. Perkenalkan Mi Ultimate Health Care yang mana preminya hanya 400 ribuan per bulan untuk balita Anda tetapi bisa mengcover semua tagihan kesehatan anak Anda. Yuk perhatikan tabel berikut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.