Best Program post
Hermina Hospitals | Gagal GInjal

Sekilas Tentang Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah gangguan fungsi pada organ ginjal. Ginjal merupakan dua organ berbentuk kacang yang terletak di rongga perut, di kedua sisi tulang belakang di tengah punggung, tepat di atas punggung Anda.

Kerusakan ginjal menyebabkan produk limbah dan cairan menumpuk dalam tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan beberapa masalah, seperti pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, lemah, susah tidur, dan sesak napas.

Sakit ginjal juga dapat dipicu oleh sejumlah masalah kesehatan lainnya, misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes. Artinya, orang yang mempunyai kedua penyakit tersebut berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal meskipun sebelumnya fungsi ginjal mereka normal.

Macam-Macam Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan sejumlah kondisi yang membahayakan tubuh. Berikut ini beberapa jenis penyakit ginjal yang paling umum terjadi:

1. Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis adalah salah satu gangguan pada ginjal yang telah berlangsung selama lebih dari tiga bulan. Kondisi ini dapat terjadi karena ginjal tidak lagi dapat menyaring kotoran dan tidak bisa mengendalikan jumlah air, garam, dan kalsium dalam darah.

2. Gagal Ginjal Akut

Pada saat ginjal tidak mampu membuang limbah metabolisme dari dalam tubuh dan menyeimbangkan air serta elektrolit, artinya Anda mengalami gagal ginjal akut. Ginjal biasanya membuang limbah metabolisme dari dalam tubuh dan memproduksi urine. Apabila ginjal akut terjadi, penumpukan limbah akan terjadi akibat tidak disekresikan dengan baik.

3. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan endapan keras yang dibentuk dari zat yang ada di urine. Penyakit yang dikenal sebagai kencing batu ini memiliki ukuran yang kecil hingga mencapai beberapa inci. Batu ginjal biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat menyebabkan masalah saluran kemih, seperti infeksi dan penyumbatan aliran kencing.

4. Kista Ginjal

Kista ginjal adalah kantung yang berisi cairan yang terbetuk di dalam ginjal. Kista ginjal dapat menyebabkan masalah yang serius pada fungsi ginjal. Umumnya, jenis sakit ginjal yang satu ini jarang menimbulkan komplikasi atau disebut sebagai kista ginjal sederhana.

5. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis (gangguan pada glomerulus) merupakan kondisi ketika peradangan terjadi pada ginjal. Organ ginjal memiliki filter kecil yang terdiri atas pembuluh darah kecil dan bertugas untuk menyaring darah ketika kelebihan cairan, elektrolit, dan limbah.

Gejala Penyakit Ginjal

1. Mudah lelah

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan penderitanya mudah alami kelelahan dan sulit konsentrasi.

2. Kulit gatal

Tanda-tanda penyakit ginjal selanjutnya adalah kulit gatal. Kulit penderita penyakit ginjal bisa menjadi mudah gatal karena pengaruh dari fungsi ginjal yang tidak bisa membuang racun di dalam darah dengan baik.

3. Gangguan Buang Air Kecil

Keinginan untuk buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal. Ini bisa terjadi akibat penurunan fungsi ginjal dalam menyaring darah dan mengeluarkan urine.

Meski sering buang air kecil bisa menjadi tanda penyakit ginjal, ada kalanya keluhan ini disebabkan oleh penyakit lain, seperti infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria. Pada penyakit ginjal yang sudah berat, penderitanya justru akan sulit atau bahkan tidak dapat buang air kecil sama sekali.

4. Urine Berwarna Cokelat

Tanda-tanda penyakit ginjal lainnya adalah urine berwarna cokelat. Urine bisa berwarna cokelat akibat ginjal gagal menyaring sel darah merah dan justru membuangnya bersama urine. Pada akhirnya, urine mengandung sel darah merah cukup banyak dan berwarna kecokelatan.

5. Urine Berbusa

Selain berwarna cokelat, Urine berbusa juga bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ini terjadi ketika saringan atau filter ginjal mengalami kerusakan, sehingga protein dalam darah ikut keluar melalui urine.

Cara Pencegahan Penyakit Ginjal

1. Kelola Kadar Gula Dalam Tubuh

Diabetes telah terbukti dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan gagal ginjal. Itu hanya salah satu alasan mengapa penting untuk kita dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

2. Kelola Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi juga telah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung serta gagal ginjal. Jadi penting untuk kita dapat mengelola tekanan darah dalam level normal.

3. Pertahankan Berat Badan Yang Sehat

Obesitas sendiri dapat meningkatkan risiko kondisi yang berhubungan dengan gagal ginjal, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

4. Minum Cukup Air Putih

Dehidrasi dapat mengurangi aliran darah ke ginjal yang dapat merusaknya. Jadi, coba perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Seseorang dapat menanyakan kepada dokter juga tentang seberapa banyak harus minum air putih per hari.

5. Kurangi Asupan Garam

Makan terlalu banyak garam dikaitkan dengan tekanan darah tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung serta gagal ginjal.

Biaya Pengobatan Penyakit Ginjal

Biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp 800 ribu – Rp 1 juta untuk satu kali sesi cuci darah. Dengan estimasi 3 kali cuci darah setiap minggunya, dalam setahun biaya cuci darah pasien gagal ginjal mencapai Rp 50-100 juta.

Cara Mencegah Kebocoran Keuangan

MENCEGAH LEBIH MURAH DIBANDING MENGOBATI

Kata bijak

Seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan hal yang berharga di dalam kehidupan keluarga Anda. Dan momen sakit , sebagai orang tua yang baik, Anda menginginkan perawatan yang baik dan cepat di rumah sakit.

Kita tidak bisa memastikan kondisi keuangan keluarga selalu ready untuk membiayai pengobatan si kecil. Maka dari itu, baiknya milikilah asuransi kesehatan untuk Anda . Apakah ada asuransi kesehatan yang terjangkau dan murni?

Ada. Perkenalkan Mi Ultimate Health Care yang mana preminya hanya 400 ribuan per bulan untuk balita Anda tetapi bisa mengcover semua tagihan kesehatan anak Anda. Yuk perhatikan tabel berikut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.