Best Program post
5 Jenis Penyakit Hati yang Perlu Diwaspadai - Alodokter

Pengertian Penyakit Hati

Penyakit liver (penyakit hati) adalah gangguan pada fungsi maupun fisiologis organ hati. Liver atau hati berada tepat di bagian bawah tulang rusuk pada sisi kanan perut Anda. Organ ini terdiri dari dua bagian, yaitu lobus kiri dan lobus kanan.

Ciri-Ciri Penyakit Hati

  • Mual dan muntah.
  • Nyeri perut.
  • Penurunan nafsu makan.
  • Penurunan gairah seksual (libido)
  • Rasa lelah yang berlebihan.
  • Perubahan warna feses menjadi pucat atau kehitaman.
  • Warna urine menjadi gelap.
  • Kulit dan mata menjadi kuning atau penyakit kuning.

Cara Pencegahan Penyakit Hati

1. Hentikan Konsumsi Alkohol

Cara pertama untuk cegah penyakit hati adalah dengan menghentikan konsumsi alkohol. Minuman dengan kandungan ini dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan pembengkakan atau jaringan parut sehingga menimbulkan sirosis yang dapat mematikan. Jika tetap ingin mengonsumsi alkohol, ada baiknya untuk tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas untuk wanita.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Kamu juga perlu untuk rutin mengonsumsi makanan yang sehat. Pastikan untuk mempertahankan berat badan yang ideal guna mencegah kemungkinan terjadinya penyakit hati berlemak non-alkohol yang juga dapat menimbulkan sirosis. Dengan memberikan tubuh nutrisi yang tepat, dan menghindari makanan cepat saji adalah pilihan yang perlu kamu jalani.

3. Berolahraga secara Teratur

Sama seperti semua organ tubuh lainnya, hati juga dapat terjaga kesehatannya jika kamu berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko akumulasi lemak di sekitar hati. Jika hati berlemak, organ tersebut dapat mengalami peradangan, jaringan parut, sirosis, atau bahkan kanker hati. Maka dari itu, pastikan untuk berolahraga secara rutin.

4. Hindari Efek Samping Obat

Beberapa obat-obatan, termasuk obat kolesterol, terkadang memiliki efek samping yang dapat menyebabkan penyakit pada hati. Selain itu, obat penghilang rasa sakit acetaminophen juga dapat melukai hati jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak dan terlalu sering. Pastikan ke dokter terkait efek samping dari obat-obatan yang kamu konsumsi secara rutin.

Biaya Pengobatan Penyakit Hati

Biaya operasi kanker stadium awal berkisar mulai dari Rp 5 juta, sedangkan biaya operasi kanker stadium lanjut berkisar Rp 70 juta. Sayangnya, biaya tersebut belum termasuk biaya rawat inap di rumah sakit.

Cara Mencegah Kebocoran Keuangan

MENCEGAH LEBIH MURAH DIBANDING MENGOBATI

Kata bijak

Seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan hal yang berharga di dalam kehidupan keluarga Anda. Dan momen sakit , sebagai orang tua yang baik, Anda menginginkan perawatan yang baik dan cepat di rumah sakit.

Kita tidak bisa memastikan kondisi keuangan keluarga selalu ready untuk membiayai pengobatan si kecil. Maka dari itu, baiknya milikilah asuransi kesehatan untuk Anda . Apakah ada asuransi kesehatan yang terjangkau dan murni?

Ada. Perkenalkan Mi Ultimate Health Care yang mana preminya hanya 400 ribuan per bulan untuk balita Anda tetapi bisa mengcover semua tagihan kesehatan anak Anda. Yuk perhatikan tabel berikut.




0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.