Best Program post
7 Jenis Pengobatan Hernia Tanpa Operasi

Penjelasan Tentang Penyakit Hernia

Hernia atau turun berok adalah benjolan yang muncul akibat keluarnya organ dalam tubuh melalui jaringan di sekitarnya yang melemah. Jika dibiarkan tidak tertangani, hernia bisa menyebabkan aliran darah tersumbat sehingga terjadi kematian jaringan.

Jaringan ikat tubuh seharusnya cukup kuat untuk menahan organ-organ di dalamnya agar tetap berada di posisinya masing-masing. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan jaringan ikat melemah dan menyebabkan organ mudah menonjol bila menerima tekanan.

Gejala Penyakit Hernia

Gejala yang umum terjadi pada hernia hiatus adalah:

  • Nyeri ulu hati (heartburn)
  • Penyakit asam lambung (GERD)
  • Kesulitan menelan (disfagia)
  • Sesak napas.
  • Muntah darah.
  • Dada nyeri.
  • Sakit perut.
  • Tinja berwarna kehitaman.

Cara Pencegahan Penyakit Hernia

1. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok berbahaya bagi hampir semua aspek kesehatan pada tubuh dan merupakan salah satu faktor risiko hernia. Sebab, merokok dapat menyebabkan batuk kronis yang memberikan tekanan ekstra pada perut. Jika kamu merokok, maka pertimbangkanlah untuk berhenti merokok secepat mungkin.

2. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Buang air besar yang teratur dan lancar tentunya dapat mencegah terjadinya sembelit. Nah, sembelit sendiri diketahui sebagai salah satu faktor risiko pemicu terjadinya hernia. Sebab, sembelit rentan membuat seseorang untuk mengejan terlalu keras saat buang air besar. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, hingga kacang-kacangan. Selain itu, penting untuk selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

3. Mempertahankan Berat Badan yang Ideal

Obesitas dapat membuat dinding perut tertekan akibat adanya lemak tubuh ekstra yang memberikan kekuatan pada bagian tengah tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga berat badan tetap ideal sebagai langkah pencegahan obesitas. Untuk melakukannya, kamu bisa berolahraga secara rutin dan menerapkan pola diet sehat rendah lemak dan gula.

4. Memeriksakan Diri ke Dokter Jika Mengalami Batuk Kronis

Batuk kronis atau yang berlangsung secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko terjadinya hernia. Jika kamu mengidap batuk kronis yang dipicu oleh kondisi tertentu seperti asma atau infeksi, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Tujuannya agar batuk kronis dapat segera diredakan melalui pengobatan yang sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Biaya Pengobatan Penyakit Hernia

Beberapa rumah sakit swasta di Jakarta dan Tangerang menawarkan biaya operasi turun berok mulai dari Rp 12.000.000 hingga lebih dari Rp 24.000.000.

Cara Mencegah Kebocoran Keuangan

MENCEGAH LEBIH MURAH DIBANDING MENGOBATI

Kata bijak

Seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan hal yang berharga di dalam kehidupan keluarga Anda. Dan momen sakit , sebagai orang tua yang baik, Anda menginginkan perawatan yang baik dan cepat di rumah sakit.

Kita tidak bisa memastikan kondisi keuangan keluarga selalu ready untuk membiayai pengobatan si kecil. Maka dari itu, baiknya milikilah asuransi kesehatan untuk Anda . Apakah ada asuransi kesehatan yang terjangkau dan murni?

Ada. Perkenalkan Mi Ultimate Health Care yang mana preminya hanya 400 ribuan per bulan untuk balita Anda tetapi bisa mengcover semua tagihan kesehatan anak Anda. Yuk perhatikan tabel berikut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.