Best Program post

Obesitas Bisa Turunkan Imun dan Rentan Infeksi Covid-19 - Unair News

Pengertian Penyakit Obesitas

Obesitas adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami penumpukan lemak akibat kadar kolesterol tinggi. Penyebab obesitas disebabkan oleh faktor gaya hidup tidak sehat misalnya kebiasaan makan makanan tinggi gula dan lemak, dan jarang berolahraga fisik. Hal ini menjadi kombinasi penyebab mengapa seseorang bisa mengalami obesitas. Lantaran, masuknya kalori ke dalam tubuh namun tidak diimbangi dengan berolahraga aktif untuk membakar kalori tersebut, sehingga, terjadi penumpukan lemak yang bisa menyebabkan obesitas.

Ciri-Ciri Penyakit Obesitas

  • Sulit tidur
  • Merasakan nyeri di bagian punggung dan sendi.
  • Mengalami depresi.
  • Merasakan kelelahan dari ringan hingga ekstrim.
  • Mengalami kesulitan tidur.
  • Kurang aktif.
  • Napas tersenggal-senggal.
  • Berkeringat melebihi biasanya.
  • Mengalami masalah kulit seperti bisul

Cara Pencegahan Penyakit Obesitas

1.Penuhi Asupan Protein Harian

memenuhi asupan protein harian dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Jika jumlahnya mencukupi, metabolisme dapat meningkat hingga 80–100 kalori per hari. Mencukupi asupan protein dalam tubuh dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan akan menurun. Bukan itu saja, energi dapat tubuh akan lebih optimal untuk beraktivitas

2.Hindari Makanan Olahan

Menghindari makanan olahan yang mengandung tinggi gula, lemak, dan kalori sangat disarankan untuk obesitas pada remaja. Kamu juga perlu menghindari karbohidrat olahan, seperti tepung putih, roti putih, nasi putih, soda, kue kering, pasta, dan sereal dalam kemasan. Bukan hanya karbohidrat olahan saja, kamu perlu menghindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, karena akan menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat.

3.Batasi Asupan Gula

Mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan guna dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Oleh karena itu, kamu perlu meminimalkan asupan gula tambahan untuk memperbaiki pola makan. Kamu juga perlu menghindari minuman bersoda, jus buah kemasan, serta alkohol.

4.Cukupi Waktu Tidur dan Cairan Dalam Tubuh

Mencukupi waktu tidur adalah salah satu kunci kestabilan berat badan. Jika kurang waktu tidur, kamu akan lebih mudah mengalami kegemukan. Selain mencukupi waktu tidur, kamu juga perlu mengonsumsi banyak air putih. Mengonsumsi 0,5 liter air putih dapat meningkatkan kalori yang dibakar oleh tubuh, yaitu sebanyak 24–30 persen selama satu jam setelah mengonsumsinya

5.Lakukan Diet Rendah Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Membatasi konsumsi karbohidrat akan membuat kamu lebih banyak mengonsumsi lemak sehat (HDL) dan protein. Hal tersebut dapat mengurangi nafsu makan, sehingga kamu tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Jika dilakukan secara teratur, kamu akan mengalami penurunan berat badan hingga tiga kali lebih besar

Biaya Pengobatan Penyakit Obesitas

 Dari hasil penelitian ini menunjukkan total biaya langsung untuk pencegahan obesitas adalah sebesar Rp.7.194.350 perbulan, sedangkan biaya langsung untuk terapi obesitas sebesar Rp.17.333.875 perbulan. Total biaya tidak langsung untuk pencegahan Rp.7.586.166,5 dan terapi obesitas sebesar Rp. 11.115.266,5. Total biaya langsung Kartika Dewi Rp.38.090.000, puspita Rp.7.650.000, biaya tidak langsung Kartika Dewi Rp.12.325.000, Puspita Rp.3.010.000. Total biaya untuk sampel yang melakukan pencegahan obesitas Rp. 17.780.516,5 dan total biaya terapi Rp.28.449.141,5, total biaya sanggar senam Kartika Dewi Rp.50.415.000, Puspita Rp.10.660.000.

Cara Mencegah Kebocoran Keuangan

MENCEGAH LEBIH MURAH DIBANDING MENGOBATI

Kata bijak

Seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan hal yang berharga di dalam kehidupan keluarga Anda. Dan momen sakit , sebagai orang tua yang baik, Anda menginginkan perawatan yang baik dan cepat di rumah sakit.

Kita tidak bisa memastikan kondisi keuangan keluarga selalu ready untuk membiayai pengobatan si kecil. Maka dari itu, baiknya milikilah asuransi kesehatan untuk Anda . Apakah ada asuransi kesehatan yang terjangkau dan murni?

Ada. Perkenalkan Mi Ultimate Health Care yang mana preminya hanya 400 ribuan per bulan untuk balita Anda tetapi bisa mengcover semua tagihan kesehatan anak Anda. Yuk perhatikan tabel berikut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.