Best Program post

Mengenal Pilek Pada Anak

Pilek adalah penyakit yang paling banyak diderita anak-anak daripada penyakit lain. Berdasarkan penelitian, pada dua tahun pertama kehidupan, kebanyakan anak bisa mengalami pilek delapan hingga sepuluh kali. Bila di rumah ada anak yang sudah berusia sekolah, kemungkinan anak lain mengalami pilek pun jadi lebih besar karena pilek mudah menular di kalangan anak. Beberapa orang tua langsung membawa anaknya ke dokter anak ketika menunjukkan gejala pilek. Ini langkah yang baik untuk berjaga-jaga, terutama jika gejala pilek tak kunjung hilang meski sudah ada pengobatan di rumah. Tapi sebenarnya tidak ada obat khusus untuk pilek. Tujuan perawatan adalah meredakan gejala agar anak merasa lebih baik. Sebagian besar pilek dapat hilang sendiri dalam beberapa hari, tidak berujung pada penyakit parah.

Ciri-Ciri Penyakit Pilek Pada Anak

Saat virus penyebab pilek masuk ke tubuh anak dan berlipat ganda, anak akan mengalami beberapa gejala berikut ini:

  • Hidung meler (pertama-tama yang keluar cairan bening, lalu lendir yang kental dan sering berwarna), tersumbat atau bersin.
  • Demam 38,3–38,9 derajat Celsius, terutama saat malam hari
  • Nyeri kepala dan mata berair
  • Batuk disertai nyeri dan gatal tenggorokan
  • Berkurangnya daya penciuman dan pengecapan
  • Tidak mau makan dan rasa lemas pada tubuh

Penyebab Pilek Pada Anak

Pilek terjadi karena infeksi virus yang berasal dari orang lain yang sedang terkena pilek. Virus itu membuat lapisan hidung dan tenggorokan meradang. Ada lebih dari 200 jenis virus yang bisa menyebabkan pilek, tapi kebanyakan penyebabnya adalah rhinovirus. Virus itu menyebar dengan tiga cara:

  • Udara: orang yang sakit pilek batuk atau bersin, lalu sejumlah kecil virus terhirup oleh anak yang berada di dekatnya.
  • Kontak langsung: orang yang sakit pilek menyentuh anak secara langsung, terutama bagian mulut, hidung, atau mata.
  • Kontak tidak langsung: orang yang sakit pilek menyentuh suatu benda, lalu benda itu disentuh oleh anak.

Cara Pencegahan Pilek Pada Anak

Cara pencegahan pilek terbaik adalah menjaga jarak dengan orang yang sedang terkena pilek. Khususnya saat musim hujan, ketika lebih banyak orang berisiko sakit pilek. Bagi anak sekolah, gunakan masker jika banyak teman sekelas yang sedang pilek. Selain itu, bi

asakan anak rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Terutama sebelum dan sesudah makan. Bila tidak ada air dan sabun, gunakan hand sanitizer. Tujuannya adalah mematikan virus bila tersentuh tangan. Jangan lupa juga lakukan vaksinasi influenza untuk melindungi anak dari penyakit flu.

Estimasi Biaya Pengobatan Penyakit Pilek Pada Anak

Biaya pengobatan pilek berbeda-beda, tergantung pada gejala yang dialami, tingkat keparahan, serta metode pengobatan yang dilakukan.

Cara Mencegah Kebocoran Keuangan

MENCEGAH LEBIH MURAH DIBANDING MENGOBATI

Kata bijak

Seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan hal yang berharga di dalam kehidupan keluarga Anda. Dan momen sakit , sebagai orang tua yang baik, Anda menginginkan perawatan yang baik dan cepat di rumah sakit.

Kita tidak bisa memastikan kondisi keuangan keluarga selalu ready untuk membiayai pengobatan si kecil. Maka dari itu, baiknya milikilah asuransi kesehatan untuk Anda . Apakah ada asuransi kesehatan yang terjangkau dan murni?

Ada. Perkenalkan Mi Ultimate Health Care yang mana preminya hanya 400 ribuan per bulan untuk balita Anda tetapi bisa mengcover semua tagihan kesehatan anak Anda. Yuk perhatikan tabel berikut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.