5/5 - (1 vote)
Mengenal 5 Penyebab Stroke Beserta Langkah Pencegahannya - Alodokter

Pengertian Penyakit Stroke

Definisi menurut WHO, Stroke adalah suatu keadaan dimana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologik fokal dan global, yang dapat memberat dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih dan atau dapat menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vascular.

Ciri-Ciri Penyakit Stroke

  • Peningkatan tekanan darah mendadak.
  • Salah satu sisi mulut dan wajah penderita terlihat turun.
  • Kelelahan tiba-tiba.
  • Kesemutan tubuh.
  • Cara bicara jadi kacau dan tidak jelas.
  • Lengan atau kaki mengalami kelumpuhan atau sulit diangkat.
  • Kehilangan keseimbangan atau koordinasi tubuh.
  • Diplopia (pandangan ganda).

Cara Pencegahan Penyakit Stroke

1. Pola makan sehat

Cara mudah terhindar dari serangan stroke yang pertama adalah pola makan yang sehat. Konsumsi lebih banyak buah, sayur, ikan, biji-bijian utuh, produk susu rendah lemak, serta hindari makanan yang terlalu manis, berlemak, daging olahan, atau lainnya.

2. Olahraga

Tidak ada yang meragukan manfaat olahraga untuk kesehatan. Cukup berolahraga ringan selama 40 menit atau lebih setiap hari ditambah dengan olahraga yang sedikit berat di akhir minggu akan membuat Anda terhindar dari serangan stroke.

3. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok memberi dampak yang besar pada risiko serangan stroke. Jika ingin terhindar dari serangan stroke, sebaiknya segeralah berhenti merokok.

4. Hindari minuman beralkohol

Minum minuman beralkohol hingga sembilan gelas alkohol per minggu bisa meningkatkan risiko stroke. Karena itu agar terhindar dari serangan stroke segera hentikan kebiasaan minum alkohol.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Memiliki berat badan ideal juga bisa membantu Anda terhindar dari serangan stroke. Caranya adalah dengan berdiet dan menjaga pola makan, serta gaya hidup yang sehat. Bila Anda sedang diet cobalah diet mediterania, karena diet ini merupakan diet yang ampuh dan sehat.

6. Kurang tingkat stres

Stres dapat meningkatkan tekanan darah, memperburuk sensitivitas insulin dan merangsang sistem saraf simpatis. Hal ini dapat berujung pada munculnya hipertensi dan diabetes. Agar terhindar dari stres, cobalah lakukan kegiatan seperti baca buku, berwisata olahraga, mendengarkan musik dan berkumpul bersama orang terdekat Anda.

Biaya Pengobatan Penyakit Stroke

Biaya pengobatan stroke bisa berbeda untuk setiap rumah sakit. Di Rumah Sakit Otak Nasional misalnya, biaya pengobatan stroke untuk sekali perawatan mulai dari dua juta rupiah. Sementara di Rumah Sakit Pusat Pertamina, biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali perawatan stroke adalah sekitar 1,5 juta rupiah.

Cara Mencegah Kebocoran Keuangan

MENCEGAH LEBIH MURAH DIBANDING MENGOBATI

Kata bijak

Seperti yang kita ketahui bahwa anak merupakan hal yang berharga di dalam kehidupan keluarga Anda. Dan momen sakit , sebagai orang tua yang baik, Anda menginginkan perawatan yang baik dan cepat di rumah sakit.

Kita tidak bisa memastikan kondisi keuangan keluarga selalu ready untuk membiayai pengobatan si kecil. Maka dari itu, baiknya milikilah asuransi kesehatan untuk Anda . Apakah ada asuransi kesehatan yang terjangkau dan murni?

Ada. Perkenalkan Mi Ultimate Health Care yang mana preminya hanya 400 ribuan per bulan untuk balita Anda tetapi bisa mengcover semua tagihan kesehatan anak Anda. Yuk perhatikan tabel berikut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.