Best Program page

Perbedaan Asuransi Murni dan Unit Link

Asuransi Murni

Asuransi Murni atau asuransi jiwa tradisional adalah asuransi yang wajib dimiliki oleh tulang punggung keluarga. Karena asuransi jiwa ini akan memeberikan perlindungan berupa kerugian finansial akibat kematian seseorang yang merupakan sumber nafkah keluarga.

Jumlah uang pertanggungan dari asuransi jiwa sudah disepekati diawal perjanjian. Tertanggung wajib memebayar premi baik bulanan maupun tahunan dan dapat memberikan pertanggungan berupa biaya perawatan, pengobatan dan pemakaman.

Kelebihan Asuransi Jiwa Murni:

Mengantisipasi Kerugian Ketika Meninggal

  • Mungkin ada seseorang yang tidak meninggalkan kerugian ketika meninggal, tetapi itu persentase sangat kecil. Dengan asuransi jiwa ini, Anda bisa mengantisipasi kalau-kalau Anda meninggal dengan kerugian seperti kartu kredit, cicilan rumah, utang, pinjaman tunai, hingga biaya pemakaman. Semakin muda Anda membeli asuransi, semakin kecil pula premi yang harus dibayarkan. Selain itu, asuransi jiwa juga menjamin biaya jika terjadi masalah kesehatan kelak.

Mengantisipasi Risiko Mendadak

  • Saat ini perusahaan memang sudah memberikan asuransi kepada karyawan. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat beranggapan jika sudah ada asuransi dari perusahaan untuk apa membeli asuransi lagi.

Premi Bisa Dibayar Per Bulan atau Per Tahun

  • Premi yang dibayar untuk asuransi jiwa memang mahal dibanding dengan asuransi lainnya. Namun, Anda bisa memilih pembayaran dengan jangka waktu satu tahun atau per bulan. Selain itu, premi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan keuangan Anda.

Kekurangan Asuransi Jiwa Murni:

Uang Klaim Hanya Bisa Diambil Sekali Seumur Hidup

  • Sistem inilah yang membuat masyarakat enggan memilih asuransi jiwa. Selain itu, besarnya premi yang dibayar dengan uang klaim yang bisa diambil sekali seumur hidup menjadi salah satu alasan masyarakat lebih memilih asuransi terpisah. Masyarakat lebih banyak memilih asuransi yang bisa memberi tanggungan secara berkala.

Ahli Waris dan Keluarga yang Bisa Menikmati Uang Klaim

  • Pada sistem inilah yang membuat masyarakat memandang asuransi jiwa bisa merugikan. Karena hanya ahli waris si pemilik polis saja yang akan menerima uang pertanggungan.

Pembayaran Premi Lebih Mahal

  • Premi yang dibayarkan akan lebih mahal dari pada membeli asuransi secara terpisah. Masyarakat tentu lebih memilih pembayaran premi yang lebih murah dan bisa mengajukan klaim pada waktu terjadi risiko.

Asuransi Unit Link

Asuransi Unit Link adalah asuransi yang ingin mendapat manfaat asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, penyakit kritis, kecelakaan dan lain sebagainya. Dan Asuransi Unit Link juga menawarkan investasi, dimana nilai nilai tunai nasabah yang terkumpul akan diinvestasikan.

Kelebihan Asuransi Unit Link:

Perlindungan tambahan

  • Asuransi unit link memiliki beragam jenis asuransi tambahan (rider) yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan beragam kebutuhan kita. Hal ini tentu akan sangat mudah dan praktis karena kita tidak membutuhkan berbagai macam jenis asuransi dan cukup menggunakan satu unit link saja untuk segala kebutuhan kita.

Premi tidak hangus

  • Berbeda dengan asuransi jiwa murni, di dalam unit link premi yang kita bayarkan tidak akan hangus, dan bisa dicairkan jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya. Hal ini tentu saja cukup menguntungkan, karena pada asuransi jiwa murni akan menerapkan sistem premi hangus jika ternyata risiko yang ditanggung tidak terjadi hingga masa berlaku asuransi telah selesai.

Masa pertanggungan yang panjang

  • Asuransi unit link juga menawarkan masa pertanggungan yang panjang dan bahkan jauh melampaui masa pertanggungan yang ditetapkan di dalam asuransi jiwa murni. Di dalam asuransi unit link, tertanggung bisa mendapatkan masa pertanggungan selama, 75 tahun, 80 tahun, atau hingga 100 tahun.

Manfaat double

  • Asuransi unit link merupakan layanan asuransi yang terdiri dari manfaat perlindungan dan juga investasi. Kita bisa mendapatkan kedua manfaat tersebut sekaligus, dengan hanya membayar sejumlah premi kepada perusahaan asuransi yang kita gunakan.

Kemudahan berinvestasi

  • Seringkali kita mengalami kebingungan dan ketakutan pada saat harus berinvestasi pada satu instrumen investasi tertentu. Namun dengan unit link, kita akan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam berinvestasi, karena investasi yang kita lakukan dalam unit link akan ditangani oleh ahli yang profesional yang berasal dari perusahaan asuransi.

Polis yang tidak berubah

  • Asuransi unit link adalah asuransi yang fleksibel dan memudahkan kita dalam menambah dana ataupun menarik dana tersebut. Kita juga diberi kemudahan untuk mengalihkan dana investasi yang kita miliki ke jenis investasi lainnya yang disediakan oleh pihak asuransi.

Fasilitas cuti premi

  • Di dalam asuransi unit link, dikenal istilah fasilitas cuti premi. Fasilitas ini memungkinkan kita untuk cuti sementara dalam membayar premi yang menjadi kewajiban kita selaku tertanggung.

Kekurangan Asuransi Unit Link:

Manfaat investasi yang tidak maksimal

  • Unit link pada dasarnya adalah sebuah layanan asuransi yang bertujuan untuk melakukan proteksi, dan hal ini merupakan fungsi utama dari asuransi ini. Dengan menilik hal tersebut, maka bisa dipastikan bahwa manfaat investasi yang terdapat di dalam unit link tidak akan bisa berjalan dengan maksimal.

Premi yang tinggi

  • Asuransi unit link menerapkan jumlah premi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan asuransi jiwa murni. Hal ini bahkan bisa berkali lipat jumlahnya. Premi yang tinggi ini bisa terjadi akibat adanya fungsi investasi yang terkandung di dalam asuransi.

Tak ada jaminan keuntungan

  • Meski menawarkan investasi, namun pada dasarnya asuransi unit link tidak memiliki jaminan keuntungan pada investasi yang kita lakukan. Hal ini justru berpotensi untuk sangat merugikan, karena meskipun tidak ada jaminan keuntungan dari investasi yang kita lakukan, namun segala macam biaya yang timbul akibat adanya investasi tersebut bersifat tetap dan wajib kita bayarkan.

Nilai perlindungan kecil

  • Jika dibandingkan dengan asuransi jiwa murni, maka nilai perlindungan yang diberikan oleh asuransi unit link jauh lebih kecil. Hal ini berbanding terbalik dengan besaran premi dan biaya yang harus kita bayarkan, di mana asuransi jiwa murni justru menawarkan jumlah premi yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan asuransi jiwa unit link.

Besaran biaya asuransi terus meningkat

  • Meski pembayaran premi di dalam unit link bersifat tetap hingga masa pertanggungan selesai, namun pada kenyataannya biaya asuransi yang ditetapkan oleh unit link akan meningkat setiap tahun, dan hal ini tidak akan ditampilkan di dalam proposal asuransi tersebut.

Ingin Beli Produk Asuransi? 

Silahkan Isi Dibawah Ini!










Kunjungi Sosial Media Kami

Copyright © 2021. All Rights Reserved.